LOMBAROBOT TINGKAT PELAJAR SLB DIAJUKAN 5 Desember 2010

Untuk menyambut kedatangan Mentri Pendidikan Indonesia di Universitas Negeri Surabaya
Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA
LOMBA ROBOT TINGKAT PELAJAR SLB
DIADAKAN BESOK 5 DESEMBER Di GEDUNG GEMA UNESA Kampus Ketintang Surabaya.

FT ROBOT TEAM UNESA

SEMINAR INTERNASIONAL

SEMINAR INTERNASIONAL
sistem layanan pendidikan anak cerdas Istimewa

KONTES ROBOT PELAJAR NASIONAL

LINE FOLLOWER ROBO CONTEST
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA 2010
DESEMBER 10-12 2010
GEDUNG GEMA UNESA KAMPUS KETINTANG

PENDAFTARAN LOMBA DIPERPANJANG
SAMPAI 5 DESEMBER 2010
Latest News

PENDAFTARAN LOMBA DIPERPANJANG

PENDAFTARAN LOMBA DIPERPANJANG SAMPAI TANGGAL 5 DESEMBER 2010

KETERANGAN PENGISIAN FORMULIR PENDAFTARAN ONLINE

1. Mengiskan nama tim contoh : (DEWO_RENGKU)
2. Nama lengkap beserta gelar guru pembina robot dan dua nama siswa peserta dipisahkan dengan koma.
contoh: Adi Winarno A.Md Pembina, Dimas Reka H peserta, Sunanda peserta.
3. Nama lengkap sekolah
4. alamat lengkap sekolah, kodepos, dll.
5. No tlp sekolah
6.No FAX sekolah
7. No Hp yang bisa dihubungi beserta nama dipisahkan koma.
contoh : nanda,08569999901
8. robot division (Beginer= tingkat SMA SLB, Advance = SMA/SMK, Intemediate=SMP)
9. E-mail sekolah dan e-mail tim yang dapat dihubingi dipisahkan dengan koma. contoh (sekolah adi@unesa.ac.id , tim adi.w.bombom@gmail.com)

Line Follower Robot Contest 2010 10 – 12 Desember

, Posted by Batte Box Robot Contest at 11.04



Indonesia telah mengadakan beberapa kali Kontes Robot Indonesia (KRI), dimana pemenangnya sebagai wakil Indonesia untuk mengikuti kontes robot tingkat internasional yang diselenggarakan di beberapa negara Asia seperti Jepang, Thailand, Korea Selatan, Cina, Malaysia, Vietnam dan lain -lain. Bahkan salah satu peserta yang mewakili Indonesia pada tahun 2001 yaitu tim B-Cak dari PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) pernah memenangkan Juara Pertama pada Asia-Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Koriyama, Fukushima– Jepang.

Namun semua masih dalam taraf Universitas, untuk itu Unesa sebagai salah satu Universitas Negeri di Indonesia ingin mengadakan kegiatan berbentuk kontes robot tingkat SMA / SMK dan SMP sederajad yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 – 12 Desember 2010 dengan nama Line Follower Robot Contest, guna mempersiapkan dan menarik minat siswa lebih dini tentang dunia teknologi khususnya robotic.  Penyelenggaraan  Line Follower Robot Contest  ini,  diharapkan  dapat  berjalan  secara  paralel  dan  saling  melengkapi dengan penyelenggaraan kontes robot dimasa-masa mendatang, sehingga diharapkan kemampuan robot yang akan ikut dalam kontes robot  tersebut akan semakin meningkat secara tajam.

Format aturan pertandingan dalam Line Follower Robot Contest 2010 dipilih dari aturan kontes robot sejenis yang telah diselenggarakan secara teratur di negara maju dan telah berlangsung  lebih  dari  empat  belas  tahun.  Dengan  demikian  pemenang  dari  Kontes  robot tingkat pelajar ini berpeluang untuk mengikuti kontes serupa pada tahun 2010 di Singapore maupun kontes robot sejenisnya.

Maksud dan Tujuan

Maksud dan tujuan Line Follower Robot Contest  2010 adalah:
1.    Menumbuh kembangkan dan meningkatkan kreatifitas siswa di Sekolah Luar biasa, Menengah Atas /  Kejuruan maupun Sekolah Menengah Pertama
2.    Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kedalam dunia nyata.
3.    Meningkatkan kepekaan siswa dalam pengembangan bidang teknologi robotika.
4.    Membudayakan iklim kompetisi dilingkungan Sekolah.
5.    Mendukung pengembangan dan penggunaan sistem kontrol yang lebih maju pada rancangan robot.

Tema

Tema untuk Line Follower Robot Contest 2010 adalah:

          Line Follower Robot Contest


  Divisi

Line Follower Robot Contest  2010 dibagi dalam 3 Divisi, yaitu:
1. Line Follower Advance :
Suatu divisi dimana robot menggunakan mikrokontroller sebagai otak pergerakan robot dan roda sebagai penggerak dengan misi menelusuri garis pada  arena  lapangan.  Pada  divisi  ini  yang  diutamakan  adalah  kecepatan dan kemampuan robot dalam bernavigasi dan bermanuver untuk mengikuti garis pada  arena  lapangan dengan bentuk mengerucut pada akhir lintasan yang dimungkinkan dua robot akan saling bertabrakan ( fighting ). Tim yang berhasil melewati semua rintangan dan mencapai garis finish lebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang.

2. Line Follower Intermediate:
Suatu divisi dimana robot menggunakan rangkaian analog sebagai otak pergerakan robot dan roda sebagai penggerak dengan misi robot berjalan di jalur garis yang telah di sediakan. Pada divisi ini di utamakan kecepatan robot untuk menyelesaikan misi. Tim yang berhasil melewati semua rintangan dan mencapai garis finish lebih dahulu di nyatakan sebagai pemenang.

3. Line Follower Beginner:

Suatu divisi dimana robot menggunakan rangkaian analog sebagai otak pergerakan robot dan roda sebagai penggerak dengan misi robot berjalan di jalur garis yang telah di sediakan. Pada divisi ini di utamakan kecepatan robot untuk menyelesaikan misi. Tim yang berhasil mencapai garis finish lebih dahulu di nyatakan sebagai pemenang.

Pertandingan


1.    Line Follower Advance di ikuti peserta dari SMA / SMK atau sederajad.
2.    Line Follower Intermediate di ikuti peserta dari SMP atau sederajad.
3.    Line Follower Beginner di ikuti peserta dari SLB tingkat SMA
4.    Pemenang keseluruan kontes berpeluang untuk ikut pertandingan kontes Robot di  Singapore atau sejenisnya (lebih jelas lihat Evaluasi).
5.    Untuk Line Follower Robot Contest peraturan dibuat sepenuhnya oleh panitia dengan mencuplik dari beberapa kontes robot internasional di Singapore atau sejenisnya.

Peserta

1.    Line Follower Advance di ikuti peserta dari SMA / SMK atau sederajad.
2.    Line Follower Intermediate di ikuti peserta dari SMP atau sederajad.
3.    Line Follower Beginner di ikuti peserta dari SLB tingkat SMA
4.    Satu  Tim  terdiri  dari  2  (dua)  siswa  dan  1  (satu)  guru pembimbing.




Pendaftaran

1.    Peserta  siswa  yang  ingin  mendaftar  diwajibkan  mengirimkan  form pendaftaran,  ke Panitia Line Follower Robot Contest 2010. Form Pendaftaran ini merupakan syarat administratif pendaftaran dan tidak dipungut biaya. Peserta diwajibkan memenuhi format dan ketentuan yang berlaku, bila tidak, berdampak pada penolakan menjadi peserta.
2.    Format form dan Alamat dapat dilihat pada Lampiran.
3.    Form Pendaftaran diterima paling lambat (lihat Waktu dan Tempat).
4.    Peserta yang akan mengikuti lomba diumumkan kepada peserta melalui surat pemberitahuan ke alamat masing-masing atau di web yang ada.
5.    Tim yang form Pendaftaran telah lolos berhak untuk mengikuti Line Follower Robot Contest sesuai tingkatan pendidikan.

Evaluasi
Evaluasi dilakukan dalam beberapa tahap sebagai berikut:
Tahap  1: Evaluasi Form Pendaftaran: Form yang terkumpul akan dievaluasi secara administratif dan akan dipergunakan sebagai syarat pendaftaran. Proposal yang diterima dan disetujui oleh panitia akan diberitahukan kepada peserta melalui surat pemberitahuan ke alamat masing-masing atau menggunakan media web paling lambat 1 (satu) minggu setelah batas akhir penerimaan proposal.

Tahap  2:  Pertandingan  :  Pada  tahap  ini,  Panitia  Line Follower Robot Contest akan  memantau  langsung jalannya pertandingan untuk memastikan  bahwa  pertandingan,  sistem  penilaian  dan  penentuan  pemenang  berjalan  sesuai dengan  peraturan  yang  berlaku.

Penghargaan
Panitia menyediakan piala bagi Juara pertama, kedua dan ketiga untuk setiap Divisi. Panitia juga memberikan penghargaan kepada peserta dengan Inovasi Terbaik, dan penghargaan lain yang akan ditentukan kemudian oleh Panitia.